BAB
III
IMPLEMENTASI
Aplikasi
ini mengenai survey tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan provider
telekomunikasi yang ada di Indonesia. Aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa
opsi untuk membuat pertanyaannya seperti multiple choice yang berguna untuk
memberikan pilihan ganda, lalu skala (scale)
untuk menentukan tingkat kepuasan berdasarkan angka.
Survey
ini dibuat dengan menggunakan google.docs karena mempermudah dalam mem-polling suatu data yang akan diperoleh.
Selain itu, hasil yang ditampilkan lebih menarik dan lebih detail sehingga
keakuratan data yang masuk menjadi maksimal.
Form
pertanyaan yang telah dibuat dapat dilihat di: http://goo.gl/forms/rsza99KOKi
Berdasarkan hasil
survey terhadap 36 responden yang terdiri dari 16 laki-laki dan 20 perempuan
dengan rentang usia 14 – 23 tahun di beberapa kota di Indonesia, maka dapat
dilihat hasilnya sebagai berikut :
1. Waktu
akses telekomunikasi : Pada bagian ini ditanyakan kapan waktu yang paling
sering dilakukan oleh responden saat melakukan telekomunikasi.
2. Lama
akses telekomunikasi : Pada bagian ini ditanyakan seberapa lama rata-rata
responden melakukan telekomunikasi dalam satu hari.
3. Perangkat
yang sering digunakan : Pada bagian ini ditanyakan perangkat apa saja yang
biasa digunakan oleh responden ketika melakukan proses telekomunikasi.
4. Sistem
operasi yang digunakan : Pada bagian ini ditanyakan ystem operasi apa saja yang
biasa digunakan oleh responden pada perangkat yang biasa mereka gunakan.
5. Tipe
jaringan yang digunakan : Pada bagian ini ditanyakan tipe jaringan yang
digunakan oleh para responden.
6. Provider
yang digunakan : Pada bagian ini ditanyakan provider apa saja yang digunakan
oleh responden untuk melakukan telekomunikasi
7. Jenis
layanan yang dipilih : Pada bagian ini ditanyakan jenis layanan apa yang
dipilih, apakah responden lebih menyukai kuota yang banyak atau kecepatan akses
yang cepat.
8. Tingkat
kepuasan : Pada bagian ini responden diharuskan untuk memilih skala ukuran
seberapa puas mereka pada provider yang mereka gunakan dari angka 1 – 5. 1 =
Sangat tidak puas
2 = Kurang puas
3 = Cukup puas
4 = Puas
5 = Sangat puas
9. Keluhan
responden : Pada bagian ini responden ditanyakan mengenai keluhan-keluhan yang
sering dialami ketika menggunakan provider yang mereka pakai.
Untuk lebih lengkapnya,
hasil survey dapat dilihat di : http://goo.gl/1PZtYz
Tidak ada komentar:
Posting Komentar