Selasa, 06 Januari 2015

Pengaruh Provider Terhadap Kualitas Pelayanan Telekomunikasi

BAB III
IMPLEMENTASI

Aplikasi ini mengenai survey tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan provider telekomunikasi yang ada di Indonesia. Aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa opsi untuk membuat pertanyaannya seperti multiple choice yang berguna untuk memberikan pilihan ganda, lalu skala (scale) untuk menentukan tingkat kepuasan berdasarkan angka.

Survey ini dibuat dengan menggunakan google.docs karena mempermudah dalam mem-polling suatu data yang akan diperoleh. Selain itu, hasil yang ditampilkan lebih menarik dan lebih detail sehingga keakuratan data yang masuk menjadi maksimal.

Form pertanyaan yang telah dibuat dapat dilihat di: http://goo.gl/forms/rsza99KOKi


Berdasarkan hasil survey terhadap 36 responden yang terdiri dari 16 laki-laki dan 20 perempuan dengan rentang usia 14 – 23 tahun di beberapa kota di Indonesia, maka dapat dilihat hasilnya sebagai berikut :
1.      Waktu akses telekomunikasi : Pada bagian ini ditanyakan kapan waktu yang paling sering dilakukan oleh responden saat melakukan telekomunikasi.


2.      Lama akses telekomunikasi : Pada bagian ini ditanyakan seberapa lama rata-rata responden melakukan telekomunikasi dalam satu hari.


3.      Perangkat yang sering digunakan : Pada bagian ini ditanyakan perangkat apa saja yang biasa digunakan oleh responden ketika melakukan proses telekomunikasi.

4.      Sistem operasi yang digunakan : Pada bagian ini ditanyakan ystem operasi apa saja yang biasa digunakan oleh responden pada perangkat yang biasa mereka gunakan. 

5.      Tipe jaringan yang digunakan : Pada bagian ini ditanyakan tipe jaringan yang digunakan oleh para responden.

6.      Provider yang digunakan : Pada bagian ini ditanyakan provider apa saja yang digunakan oleh responden untuk melakukan telekomunikasi

7.      Jenis layanan yang dipilih : Pada bagian ini ditanyakan jenis layanan apa yang dipilih, apakah responden lebih menyukai kuota yang banyak atau kecepatan akses yang cepat.

8.      Tingkat kepuasan : Pada bagian ini responden diharuskan untuk memilih skala ukuran seberapa puas mereka pada provider yang mereka gunakan dari angka 1 – 5. 1 = Sangat tidak puas
2 = Kurang puas
3 = Cukup puas
4 = Puas
5 = Sangat puas

9.      Keluhan responden : Pada bagian ini responden ditanyakan mengenai keluhan-keluhan yang sering dialami ketika menggunakan provider yang mereka pakai.

Untuk lebih lengkapnya, hasil survey dapat dilihat di : http://goo.gl/1PZtYz


Tidak ada komentar:

Posting Komentar