Selasa, 06 Januari 2015

PENGAMANAN DATA DALAM KOMUNIKASI

Telekomunikasi merupakan hal yang vital dewasa ini. Telekomunikasi mengiringi langkah dari perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini. Sekarang ini sudah memasuki era digital yang semuanya hampir berbasis cloud computing yang disana tentu saja membutuhkan komunikasi yang terjadi. Terkait dengan telekomunikasi erat kaitannya dengan jaringan komputer. Jaringan komputer merupakan media untuk terjadinya komunikasi.



Komunikasi dalam bidang telekomunikasi sangat riskan dan rentan akan gangguan seperti penyadapan yang terjadi. Contoh kasus yang belum lama terjadi adalah penyadapan presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono yang dilakukan penyadapan oleh pemerintah Australia. Kasus tersebut merupakan contoh dari kegagalan pengamanan telekomunikasi. Dalam melakukan pengamanan dalam hal pertukaran data, dapat diminimalisir dengan cara :
  1. Authentikasi, pemberian otentikasi terhadap data yang akan dilakukan pertukaran seperti pemberian password dan lain sebagainya.
  2. Enkripsi data, adalah melakukan pengacakkan data ketika data sedang dilakukan pertukaran data dan didekripsi ketika data hendak dibaca kembali.
Internet sebagai media komunikasi harus di tanggapi serius oleh operator komunikasi dan pemerintah dalam turut berpartisipasi untuk membantu pengamanan data. Cara tersebut adalah pengamanan data dalam hal perangkat lunak, perangkat fisik juga harus diperhatikan dalam melakukan pengamanan data. 
Dalam melakukan pengamanan data, perlu diperhatikan juga hal - hal berikut,
  1. Bencana (disaster), bencana disini dapat berupa bencana alam dan bencana akibat kelalaian manusia. Perlu juga melakukan pengamanan dalam menanggulangi masalah seperti ini misalnya dengan cara melakukan backup secara cloud.
  2. Sistem pengamanan, dalam hal ini perlu juga adanya prosedur dalam mengamankan data seperti cara - cara dalam mengamankan data.
  3. Kesalahan (error), dalam hal ini merupakan kesalahan dalam sistem komputer itu sendiri, misalnya ada kegagalan perangkat lunak dan perlu adanya langkah-langkah dalam mengamankan data.

Sumber :
http://wizardreza.blogspot.com/2014/12/pengamanan-data-dalam-telekomunikasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar