Jumat, 18 Oktober 2013

Artis di Pemilu 2014

Kurang dari satu tahun lagi Pemilu 2014 akan diadakan. Sudah terdaftar 15 Partai yang mengajukan sebagai peserta Pemilu 2014, terdiri dari 12 partai politik dan 3 partai lokal Aceh. Pemilu merupakan pesta demokrasi yang digelar dalam periode lima tahun sekali.
Seluruh partai politik peserta Pemilu 2014 sudah menyerahkan daftar caleg sementara (DCS) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dari ribuan nama yang diserahkan itu, terdapat sederet nama orang terkenal di negeri ini. Namun, ketenarannya bukan karena kepiawaiannya dalam berpolitik, tetapi lebih karena sering muncul di TV sebagai penyanyi, bintang film, pemeran sinetron, atlet, atau sekadar bintang iklan.
Popularitas yang tinggi membuat caleg tersebut dikenal oleh banyak masyarakat. Hal itu tentu akan mempermudah caleg untuk melakukan sosialisasi. Kemudahan untuk melakukan sosialisasi itulah yang diyakini oleh parpol dapat menghemat ongkos politik saat berkampanye.
Masuknya para selebritis ini dikhawatirkan akan mengacaukan sistem pangkaderan yang sudah dibina. Hal ini jelas akan mengganggu kinerja para kader, karena yang seharusnya menduduki jabatan itu adalah mereka tapi justru diberikan kepada “pendatang” yang baru masuk partainya. Ini akan menimbulkan resistensi yang tinggi dalam perjalanan partai tersebut ke depan.
Seharusnya setiap parpol ketika akan melakukan pengkaderan tidak hanya dilihat dari sisi popularitasnya saja. Bagaimana seorang caleg itu mempunya kualitas yang baik yang memang patut dalam kancah dunia politik. Karena mereka yang nantinya akan menjadi wakil rakyat.
Tidak ada salahnya artis masuk dalam partai politik, itu sah-sah saja. Artis juga merupakan rakyat Indonesia yang sah. Tetapi tidak sedikit ada artis yang memang memiliki kualitas dalam dunia politik, mereka juga melakukan kontribusi sebagai wakil rakyat.
Rakyat Indonesia harus dengan cermat memilih para calon pemimpin bangsa ini yang akan menduduki kursi jabatannya di Pemilu 2014 mendatang. Sudah banyak para pemimpin kita ini silih berganti, namun penyakit korupsi, kolusi dan nepotisme masih saja berakar dikalangan para petinggi-petinggi negara.
Artis yang duduk di DPR kelak bakal dijadikan boneka oleh partai politik karena mereka tidak tahu-menahu mengenai ilmu dan tidak memiliki pengalaman politik, hal itu memudahkan bagi partai politik yang membawa sang artis untuk mengendalikan semua tindakan dan kebijakan sang artis di DPR.
Menurut Dr Chairil N Siregar, caleg yang akan diusung oleh partai politik berjumlah sangat banyak, hal itu membuat mayoritas rakyat menjadi kebingungan mencoblosnya, karena itu kemungkinan besar rakyat awam akan mencoblos Caleg artis yang sering muncul di televisi. Berikut daftar artis yang diusung partai politik berdasarkan rilis Formappi:
1.    Bakal Caleg Artis PAN
-          Primus Yustisio
-          Eko Hendro Purnomo
-          Dwiky Dharmawan
-           Ikang Fawzi
-          Marissa Haque
-          Dessy Ratnasari
-          Hengky Kurniawan
-           Jeremy Thomas
-          Anang Hermansyah

2.    Bakal Caleg Artis Gerindra
-          Jamal Mirdad
-          Rachel Maryam
-          Irwansyah
-          Bella Saphira
-          Rahayu Saraswati
-          Riefian “Seventeen”
-          Moreno Soeprapto
-          Bondan Winarno
-          Biem Benyamin
3.    Bakal Caleg Artis PKB
-          Arzetti
-           Ridho Rhoma
-          Krisna Mukti
-          Said “Bajaj Bajuri”
-          Mandhala Shoji
-          Theodora Meilani Setyowati
-          Iyeth Bustami

4.    Bakal Caleg Artis Nasdem
-          Doni Damara
-          Jane Shalimar
-          Mel Sandy
-          Melly Manuhutu
-          Ricky Subagja
-          Sarwana

5.    Bakal Caleg Artis Demokrat
-          Yenny Rahman
-          Anwar Fuady
-          Dede Yusuf
-          Vena Melinda
-           Inggrid Kansil

6.    Bakal Caleg Artis PDIP
-          Yessy Gusman
-           Edo Kondologit
-          Nico Siahaan
-           Sonny Tulung
-          Rieke Diah Pitaloka

7.    Bakal Caleg Artis PPP
-          Angel Lelga
-          Mat Solar
-          Emilia Contesa
-           Okky Asokawati

8.    Bakal Caleg Artis Golkar
-          Tantowi Yahya
-           Nurul Arifin
-           Charles Bonar Sirait

9.    Bakal Caleg Artis Hanura
-          David Chalik
-          Gusti Randa
-          Andre Hehanusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar